Jumat, 17 Mei 2019

SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS



Teori Dasar Sistem Informasi Geografis

vInformasi dapat didefinisikan sebagai data yang diolah menjadi lebih berguna dan lebih bermanfaat bagi yang menggunakanya.
vData adalah kenyataan atau fakta yang menggambarkan suatu kejadiankejadian dan kesatuan nyata.
vSetiap informasi memiliki kadar kualitas informasi yang bergantung pada tiga hal yaitu keakuratan, ketepatan waktu, dan relevansinya.
vSistem informasi geografis atau disingkat dengan SIG merupakan suatu sistem berbasis komputer yang digunakan untuk mengumpulkan, menyimpan, menggabungkan, mengatur, mentranformasi, memanipulasi dan menganalisis data – data geografis.

 Pembahasan Sistem Informasi Geografis


vSistem informasi geografis tidak lepas dari cara mengimplementasikan dalam bidang perencanaan dengan banyak hal yang dimanfaatkan untuk berbagai hal.

vSIG (Sistem Informasi Geografis) merupakan sistem infomasi berbasis komputer yang menggabungkan antara unsur peta (geografis) dan yang dirancang untuk mendapatkan, mengolah, memanipulasi, informasinya tentang peta tersebut (data atribut) analisa, memperagakan dan menampilkan data spatial untuk menyelesaikan perencanaan,mengolah dan meneliti permasalahan.

vSIG telah dimanfaatkan oleh berbagai instansi pemerintah maupun swasta untuk keperluan perencanaan, pemantauan, hingga evaluasi hasil-hasil pembangunan.



Pembahasan Sistem Informasi Geografis

vUntuk mewujudkan kinerja sesuai dengan kajian penelitian, maka diperlukan suatu rencana strategis melalui perencanaan strategis inilah secara sistematis dapat mengembangkan suatu sistem manajerial yang efektif dan efisien, yaitu dengan Sistem Informasi Geografis Pemetaan Potensi kajian penelitian dalam ilmu pendidikan
Contohnya dalam ilmu Pendidikan.



Sehingga GIS pada dasarnya bertujuan untuk mempermudah manusia khususnya dalam menerima informasi, selain itu sistem informasi geografis juga memudahkan kita untuk mengolah,  memanipulasi, informasinya tentang peta (data atribut) analisa, memperagakan dan menampilkan data spatial untuk menyelesaikan perencanaan, mengolah dan meneliti permasalahan. Maka dengan adanya suatu sistem informasi tidak hanya menyimpan, menampilkan, dan menganalisa data atribut saja tetapi juga unsur geografisnya. Sehingga informasi yang diperoleh tidak hanya dalam bentuk tulisan atau teks saja tetapi bisa juga di tampilkan dalam bentuk 2 dimensi yang berbentuk peta, sehingga informasi yang disampaikan lebih menarik untuk pembacanya


Tidak ada komentar:

Posting Komentar